Universitas Terbaik di Surabaya yang Diincar Mahasiswa

  • Post author:
  • Post category:Pendidikan

Selain terkenal sebagai sebuah kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya juga banyak menjadi tujuan pendidikan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Kali ini kita akan mengulas tentang universitas terbaik di Surabaya menurut data dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal ini telah diumumkan tentang hasil Evaluasi dan Klasterisasi Perguruan Tinggi tahun 2019/2020 untuk kategori Perguruan Tinggi Non-Vokasi, yang di dalamnya terdiri atas universitas, institut, dan juga sekolah tinggi.

Universitas Airlangga

Universitas Airlangga didirikan pada tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan perayaan hari pahlawan yang ke-9. Unair merupakan kampus yang unggul, bahkan hingga tingkat internasional. Versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QSWUR) Unair masuk ke dalam 200 kampus terbaik di Asia. Universitas Airlangga juga hadir menyediakan berbagai program beasiswa, baik yang diberikan oleh pihak pemerintah, maupun dari berbagai instansi swasta yang menjadi mitra kerja sama mereka. Jadi jangan khawatir bila anda menginginkan cari beasiswa di unair, karena semua sudah ada.

Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas Surabaya (UBAYA) mempunyai visi โ€œTo Be the First University in Heart and Mindโ€, yakni resmi berdiri sejak 11 Maret 1968. Hingga saat ini, Universitas Surabaya secara aktif terus-menerus melakukan pengembangan sarana dan prasarana, juga sumber daya manusia. Tentunya akan menjadi kebanggan tersendiri bagi anda yang dapat masuk ke kampus ini. Universitas ini memiliki tiga kampus yang terletak di lokasi yang berbeda-beda, kampus 1 berada di Ngagel, kampus 2 berada di Rungkut, dan kampus 3 berada di Trawas. Kampus 1 lebih difokuskan untuk bagian rektorat dan politeknik, kampus 2 untuk pendidikan S1 dan pascasarjana, dan kampus 3 untuk kegiatan pembelajaran outdoor.

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel atau biasanya disingkat dengan UIN Sunan Ampel atau UINSA adalah salah satu perguruan tinggi islam negeri di Surabaya yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan paradigma keilmuan model menara kembar tersambung (integrated twin-towers). Paradigma ini merupakan paradigma yang menerapkan pendekatan Islamisasi nalar yang dibutuhkan demi terciptanya tata keilmuan yang seimbang, saling melengkapi antara ilmu-ilmu keislaman, sosial-humaniora, serta sains dan teknologi. Kata Sunan Ampel pada UIN tersebut merupakan salah satu nama dari tokoh Walisongo, tokoh penyebar Islam di Indonesia.

Kampus ini pada mulanya bernama IAIN Sunan Ampel Surabaya, namun sejak tanggal 1 Oktober 2013, IAIN Sunan Ampel berubah nama menjadi UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 65 Tahun 2013. Tidak hanya diminati oleh masyarakat Surabaya, UIN Sunan Ampel memiliki mahasiswa yang datang dari seluruh kawasan Indonesia bahkan luar negeri. Sejauh ini terdapat sembilan fakultas yang tersedia di dalam UINSA.

Politeknik elektronika Surabaya

Tempat kuliah di Surabaya terbaik selanjutnya adalah politeknik elektronika Surabaya. Berlokasi di Kota Pahlawan, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil menjadi politeknik negeri terbaik di Indonesia 2020 dalam versi Kemenristekdikti.

Selain menjadi Politeknik Negeri terbaik, PENS juga berhasil dalam menembus peringkat ke-4 sebagai kampus terbaik di Surabaya 2020 versi Webometrics. Politeknik yang dibuka pada 1998 bekerja sama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency). kampus ini telah mengalami beberapa perkembangan hingga akhirnya pada 1996 secara resmi menjadi Politeknik Negeri Surabaya. Kampus ini mempunyai 5 departemen yang sebagian besar program studinya sudah terakreditasi A.