Hindari Kebiasaan Saat Berkendara yang Bisa Menjadi Penyebab Kampas Mobil Cepat Habis

  • Post author:
  • Post category:Automotif

Bagi Anda para pemilik mobil tentunya Anda wajib untuk selalu memperhatikan performa mobil yang Anda miliki dalam hal ini ada banyak komponen yang perlu diperhatikan dengan baik, terutama bagi Anda para pemilik mobil bertransmisi manual. Bagi Anda para pemilik mobil manual tentunya paham dengan yang namanya kopling yaitu sebuah komponen mobil yang berfungsi dalam mengatur perpindahan gigi. Kopling sendiri terdiri dari beberapa komponen penting, salah satunya yaitu kampas.

Kampas kopling mobil harus diperhatikan dengan rutin. Sebab, jika kampas tersebut aus atau habis maka dapt menimbulkan permasalahan pada mesin mobil. Pernahkah Anda mersakan kampas kopling pada mobil cepat habis. Lastas, tahukah Anda apa yang menjadi penyebab kampas mobil cepat habis? Pada umumnya hal yang menjadi faktor utama penyebab kampas cepat habis atau aus yaitu karena kebiasaan dan cara mengemudi Anda yang salah. Berikut ini kebiasaan buruk berkendara yang dapat membuat kampas mobil cepat aus yang kursusmekanikmobil.net berikan kepada Anda:

  • Menggunakan Kopling dengan Kasar

Kebiasaan buruk yang pertama yaitu menginjak dan melepas kopling dengan kasar. Mengapa kebiasaan tersebut dapat membuat kampas kopling cepat habis? Hal ini dikarenakan ketika Anda melepaskan pedal kopling dengan cepat dan kasar, transmisi mobil belum berpindah dengan sempurna dan terdengar bunyi kasar pada kopling.

  • Menginjak Setengah Kopling

Sudah menjadi kebiasaan sebagian dairi Anda ketika jalanan macet atau ketika sedang melintasi tanjakan Anda menahan kekuatas pegang kopling. Sehingga membuat grip kampas kopling kurang menerima putaran dari plat penekan.

  • Rumah Kopling Terkena Oli

Kampas mobil akan cepat habis bila rumah kopling terkena tetesan oli. Mengapa demikian? Sebab, adanya tetesan oli bisa meminimalisir grip permukaan plat kopling, sehingga membuatnya cepat habis. Salah satu ciri kopling terkena tetesan oli yaitu adanya getaran ketika mobil di gas disertai dengan bunyi yang keras.

  • Menginjak Pedal Kopling Saat Jalan

Kebiasaan menginjak pedal kopling saagt jalan sebenarnya hampir mirip dengan kebiasaan menginjak setengah kopling. Hanya saja hal ini tanpa Anda sadari umum dilakukan.

  • Posisi Gigi Transmisi yang Tidak Sesuai dengan Kecepatan Mobil

Kebiasaan yang menjadi penyebab kampas mobil cepat habis yang terakhir yaitu menggunakan gigi yang tidak sesuai dengan kecepatan mobil yang Anda kendarai. Sebagian dari Anda mungkin merasa malas untuk melakukan banyak perpindahan gigi ketika sedang berkendara. Padahai, kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan yang buruk dan dapat menyebabkan kampas mobil cepat habis.

Jika Anda tidak ingin kampas mobil cepat habis, maka hindarilah kebiasaan buruk diatas. Selain itu, jika Anda menemukan kampas mobil Anda habis, sesegeralah mungkin untuk mengganti kampas mobil agar nantinya tidak berbahaya baik bagi Anda saat berkendara maupun pengendara lain. Lantas bagaimana cara mengetahui kampas mobil tersebut telah habis. Untuk mengetahui kampas mobil tersebut telah habis, Anda dapat melihat ciri atau tanda kampas mobil habis yang kursusmekanikmobil.net berikan kepada Anda. Tanda atau ciri kampas mobil habis yaitu akselerasi lemah. Saat akselerasi lemah, pedal gas yang diinjak tidak mengakibatkan mobil melaju namun menimbulkan suara decitan. Kemudian tercium aroma gosong pada mobil. Selajutnya,tingginya putaran mesin. Kondisi putaran mesin yang tinggi ini biasanya dipicu oleh keadaa akselerasi mobil yang melemah serta permukaan pada kampas yang cenderung licin. Selain itu, tanda atau ciri kampas kopling habis lainnya yaitu perpindahan gigi yang terasa keras, selip kopling, dan juga jarak injak kopling lebih pendek.