Beberapa Lagu Daerah Sumatera Selatan dan Makna yang Tergambar dari Liriknya

  • Post author:
  • Post category:Pendidikan

Ada banyak hal menarik tentang lagu daerah. Tak jarang, suatu lagu daerah dijadikan sebagai suatu iringan dalam suatu tarian dan pertunjukan adat. Lalu, ada juga lagu daerah yang bernada riang serta gembira sehingga dijadikan sebagai iringan untuk permainan anak-anak. Hal lainnya adalah lagu daerah yang memuat pesan dan makna yang mendalam dan ini menjadi suatu warisan leluhur yang diturunkan ke generasi selanjutnya. Walau itu berasal dari masa yang berbeda, pesan yang ada tetap bisa menjadi pembelajaran. Hal-hal tersebut pun bisa pula ditemukan dalam berbagai lagu daerah Sumatera Selatan. Ada cukup banyak lagu daerah dari Sumatera Selatan dengan makna serta pesan yang berbeda-beda.

Lagu Daerah Dek Sangke dan  Sayang Selayak dari Sumatera Selatan

Tak ada salahnya untuk memahami pesan yang ada dalam suatu lagu daerah. Ada pesan yang bisa dipelajari dari falsafah hidup dan pengalaman hidup orang-orang di masa lalu. Itu bisa pula ditemukan dalam berbagai lagu daerah Sumatera Selatan. Salah satunya adalah dari lagu daerah Sumatera Selatan berjudul Dek Sangke. Dari judul lagu tersebut, maknanya menjadi tidak disangka bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Hal yang tidak disangka dalam lirik atau pesan lagu daerah ini adalah tentang kebohongan. Lagu ini bisa dibilang menjadi perwakilan dari peribahasa “sepandai-pandai tupai melompat pasti akan jatuh juga.”

Dengan unsur budaya Melayu yang sangat kental, lagu ini digubah layaknya suatu pantun. Lagu ini berkisah tentang seseorang yang tidak jujur, termasuk pada kekasihnya atau pasangannya. Dari lirik yang ada, bisa didapatkan makna tentang adanya seseorang yang sebenarnya lemah tapi bergaya seolah dia adalah orang yang kuat. Bisa pula diartikan bahwa seorang yang sebenarnya tidak memiliki apa-apa tapi bergaya seolah dia memiliki banyak hal dalam hidupnya. Tentu ini memuat pesan yang akan tetap kontekstual sampai saat ini di mana masih banyak orang yang juga tidak jujur dengan dirinya sendiri.

Lagu lainnya adalah Sayang Selayak. Lagu ini menggunakan lirik yang cukup sederhana dan sangat mudah dipaham. Walau demikian, makna yang terkandung tetap menjadi suatu pesan yang sangat mendalam. Lagu ini menyampaikan tentang pesan damai dan rasa yang mengayomi. Rasa cinta yang ada dan dibagikan kepada orang lain tidaklah semata karena adanya kebutuhan untuk melakukannya, tapi itu semua didasarkan oleh rasa ikhlas dan ketulusan. Itulah setidaknya pesan yang bisa didapatkan dari lagu Sayang Selayak.

Pesan Lain yang Terkandung dalam Lagu Daerah Sumatera Selatan

Judul lagu daerah Sumatera Selatan ketiga adalah Sukat Malang. Ini bisa diartikan sebagai nasib buruk atau nasib yang malang. Lagu ini menyampaikan perasaan seseorang yang mengalami hal buruk sehingga hidupnya menjadi tak lagi bermakna dan tidak bergairah. Bila dirunut lagi dalam iirik dari lagu Sukat Malang ini, akan diketahui bahwa ini adalah tentang orang yang telah kehilangan sosok yang dicintai sehingga hidupnya terasa tak lagi bersemangat.

Lagu lainnya adalah Gending Sriwijaya. Lagu ini mirip dengan judul kisah kolosal. Dari lirik yang terdapat dalam lagu ini pun, akan diketahui bahwa lagu ini berkisah tentang masa keemasan dari Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan ini pernah menjadi salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Dari lirik lagu ini, pendengarnya diingatkan untuk tidak pernah lupa akan sejarah yang ada, terutama tentang berbagai falsafah dan wejangan kehidupan dari masa lampau. Tentu saja, masih ada pula lagu daerah lainnya dan itu bisa ditemukan di Lahana Media.