Kenali Tips dalam Memilih Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

  • Post author:
  • Post category:Umum

Setiap perempuan pastinya ingin tampak cantik setiap waktunya, termasuk ketika hamil. Sayangnya, ibu hamil tidak boleh menggunakan semua jenis kosmetik karena ada kandungannya yang harus dihindari. Agar tidak salah dalam memilih kosmetik, kenali beberapa tips yang harus dilakukan dalam memilih kosmetik yang aman dan cocok bagi ibu hamil.

6 Tips Memilih Kosmetik bagi Ibu Hamil

1 Cermati Kandungan yang Wajib Dihindari

Memilih kosmetik memang gampang-gampang susah terlebih lagi bagi ibu hamil karena pemilihannya harus cermat dengan memperhatikan komposisi kandungan dari produk kosmetik tersebut. Kandungan yang harus dihindari yaitu Alumunium chloride hexahydrate, aluminium chlorohydrate, retinol, Beta hydroxy acids, DEA, paraben, hydroquinone, dan formaldehyde.

  1. Waspada  Memilih Produk Kosmetik untuk Kulit Berjerawat

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih kosmetik adalah dengan lebih waspada memilih produk untuk kulit Berjerawat. Sebagian besar produk kosmetik untuk jerawat mengandung salicylic acid atau asam salisilat. Bagi wanita yang tidak tengah hamil, penggunaan produk ini aman. Namun, penggunaanya sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

Asam salisilat tidak dianjurkan digunakan bagi ibu hamil karena kandungannya mampu memberikan efek peeling atau pengelupasan pada kulit. Dampak pengelupasan pada kulit inilah yang membuat kandungan asam salisilat dapat mempengaruhi kesehatan janin. Oleh sebab itu, ibu hamil sebaiknya menghindari produk yang mengandung asam salisilat agar janin aman.

  1. Hindari Penggunaan Cat Kuku

Penggunaan cat kuku memang aman bagi wanita yang tidak hamil. Namun, berbeda dengan ibu hamil, penggunaan cat kuku sangat tidak disarankan untuk sementara waktu. Hal ini karena hampir semua produk cat kuku memiliki kandungan phthalates yang bisa meningkatkan risiko kelainan bawaan pada bayinya. Kandungan ini juga ada pada hairspray yang wajib dihindari.

  1. Tidak Memakai Produk yang Memiliki Kandungan Bahan Kimia

Produk pewarnaan rambut juga memiliki kandungan kimia yang mampu diserap oleh kulit. Begitu juga pada produk hairstyle untuk meluruskan serta mengeriting rambut. Kandungannya yaitu ammonia yang biasa digunakan oleh produk penataan rambut secara permanen. Kandungan ini bisa menyebabkan mual apabil masuk ke dalam kulit.

  1. Berhati-hati Dalam Memilih Tabir Surya

Cara lain dalam kosmetik yang aman untuk ibu hamil adalah dengan selektif dalam memilih tabir surya. Pada biasanya, tabir surya mengandung bahan oksibenzon yang mampu meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah, khususnya apabila jenis kelamin bayi perempuan.

Banyak yang bertanya mengenai penggunaan tabir surya oada ibu hamil. Penggunaannya memang boleh saja bagi ibu hamil tetapi hindari penggunaan oksibenzon pada produknya. Usahakan untuk menggunakan tabir surya yang menggunakan titanium dioksida serta zinc oxide. Bahan-bahan tersebut mampu melindungi kulit dengan optimal.

  1. Menggunakan Bahan Alami

Perlu diketahui bahwa kosmetik yang cocok dan aman bagi ibu hamil merupakan kosmetik yang komposisinya berbahan alami. Beberapa dari brand kosmetik menyatakan bahwa produknya memakai bahan organic serta minim penggunaan bahan kimia. Jadi, kosmetik macam itulah yang seharusnya dipilih oleh para bumil.

  1. Produk Antipenuaan

Ibu hamil boleh menggunakan produk antipenuaan yang bermanfaat untuk mengatasi masalah penuaan. Pada umumnya, produk ini mengandung vitamin A atau retinol yang mampu meningkatkan resiko kelainan bawaan pada bayi. Sangat direkomendasikan bagi bumil untuk menggunakan bahan kosmetik yang mengandung vitamin C dan vitamin K.

Demikian mengenai tips dalam memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil. Dalam mengandung janinnya, sang ibu harus menjadi pemilih dalam menggunakan produk kecantikan dari pabrik kosmetik dengan memperhatikan komposisi produk dan menghindari kandungan yang terlarang bagi ibu hamil seperti di atas.