Mengambil Sisi Positif Dari Kisah Sukses Seorang Martha Tilaar

  • Post author:
  • Post category:Umum

Nama Martha Tilaar mungkin sudah mungkin sudah taka sing di dunia kosmetik dan Jamu. Sebab, ia dikenal sebagai sosok wanita hebat di balik kesuksesan produk Sariayu Martha Tilaar. Sariayu sendiri merupakan produk kecantikan dan jamu di Indonesia dan sudah dipercaya selama puluhan tahun. Lantas bagaiman kisah sukses Martha Tilaar ini?

Martha Tilaar memiliki nama asli Martha Handana. Ia lagir di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah pada tanggal 4 September 1937. Perjuangan Martha dalam membangun sebuah bisnis hingga bertahan sampai saat ini tidaklah mudah. Di balik kesuksesannya, Martha kerapkali menemui jalan terjal saat memulai bisnisnya.

Sebelum dikenal sebagai pengusaha produk kosmetik dan jamu, ia adalah seorang guru. Martha sendiri pernah mengajar sekolah dasar selama dua tahun. Ia pun sempat mengajar di perguruan tinggi tempat Martha menempuh ilmunya. Jalan hidup Martha sendiri berubah saat ia dan suaminya Henry A. Rudolf Tilaar harus pindah ke Amerika.

Hal ini dikarenakan, suaminya dipindah tugaskan ke Amerika Serikat. Semenjak pindah, Martha memiliki keinginan untuk mengenalkan dan melestarikan kekayaan alam Indonesia. Maka dari itu, ia pelan-pelan belajar soal bisnis kecantikan di sana. Hingga akhirnya ia mengambil kuliah kecantikan dan lulus dari Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, Amerika Serikat.

Singkat cerita, setelah lulus dari akademi, ia membuka salon kecantikan sendiri di Amerika Serikat. Demi mengembangkan bisnisnya, ia menyebarkan brosur dan selebaran di kampus-kampus. Martha pun mendatangi rumah mantan dosennya untuk menawarkan jasa layanan salonnya. Selain itu, ia juga mempromosikan bisnisnya pada mahasiswa Indonesia dan ibu-ibu yang mengikuti suaminya ke Amerika.

Pada tahun 1969 Martha pulang ke Indonesia dan memberanikan diri untuk membuka bisnisnya. Namun, perjalanan Martha dalam merintis bisnis tak semulus yang diharapkan. Sebab, pada saat itu mayoritas orang Indonesia masih berpikir bahwa produk luar negeri lebih baik dibandingkan produk lokal. Namun, hal tersebut tentunya tidak membuat seorang Martha Tilaar menyerah dan putus asa.

Usia melewati beragam rintangan, ia akhirnya dapatย  membawa bisnisnya menuju puncak kesuksesa. Hal ini dibuktikan dari produknya yang digemari dan dipercaya oleh konsumen selama puluhan tahun. Bahkan, hingga saat ini produk yang telah mencapai usia 50 tahun, Sariayu Martha Tilaar masih menjadi produk unggulan. Dari kisah sukses Martha Tilaar ini tentunya banyak nilai positif yang dapat diambil.

Menurut Martha Tilaar, untuk menjadi orang sukses maka seseorang tersebut harus mandiri dan berguna untuk orang lain. Selain itu juga harus memiliki kualitas diri yang baik dan memiliki sikarp-sikap positif. Mulai dari disiplin, ulet, inovatif, hingga iman yang kuat. Maka dari itu bagi Anda yang ingin sukses dalam bisnis dan hidup Anda, Anda harus bisa menerapkan sikap-sikap tersebut.

Nah, bagi Anda yang ingin meraih kesuksesan Anda dengan cara membuka usaha sendiri, Anda bisa mencoba membuka usaha minuman serbuk kekinian. Hal ini dikarenakan akhir-akhir ini produk minuman serbuk instan sedang naik daun. Sehingga peluang Anda meraih omset tinggi terbuka. Selain itu, dalam memproduksi produk Anda, Anda bisa bekerja sama dengan jasa maklon produk minuman.

Dengan menggunakan jasa maklon produk minuman serbuk tentunya akan memudahkan Anda. Mulai dari pembuatan serbuk minuman, pengemasan, perizinan penjualan. Sehingga Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk menggaji karyawan dan juga mengeluarkan biaya operasional. Anda hanya menerima produk Anda dan mempromosikannya di berbagai tempat dan media sosial.