Jurusan Biologi Kerja Apa? Inilah Daftar Prospek Kerja Jurusan Biologi

  • Post author:
  • Post category:Pendidikan

Banyak yang bertanya jurusan biologi kerja apa saja sih? Bagi mahasiswa yang mengambil jurusan biologi tidak usah khawatir mengenai peluang kerja di masa depan. Karena prospek kerja jurusan biologi memiliki peluang kerja yang luas dengan gaji yang tinggi.

Jurusan biologi mempelajari ilmu tentang makhluk hidup, manusia, hewan, tumbuhan hinggaย  mikroba. Selain makhluk hidup jurusan ini juga mempelajari beberapa subyek seperti genetika, ekologi, perilaku, struktur dan anatomi organisme, fisiologi, dan sel molekul yang terdapat pada setiap makhluk hidup. Bagi yang menyukai ilmu sains pasti akan cocok dengan jurusan biologi sebab jurusan ini menarik untuk didalami.

Jurusan Biologi Kerja Apa? Ini Daftar Pekerjaannya

Kemudian, bagaimana dengan peluang atau prospek kerja biologi? Nantinya akan bekerja sebagai apa?ย  Nah berikut ini akan dijelaskan seputar peluang kerja jurusan biologi yang perlu diketahui supaya dapat menjawab pertanyaan tentang Jurusan Biologi Kerja Apa.

1. Analis Laboratorium

Jika Anda menyukai pekerjaan dengan konsentrasi tinggi, tidak pelu bersosialisasi dengan banyak maka anda bisa bekerja sebagai seorang Analis Laboratorium. Laboratorium yang dimaksud disini adalah bekerja di BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan), laboratorium uji bahan, laboratorium analis kesehatan dan lembaga lainnya. Gaji yang ditawarkan untuk bidang pekerjaan ini juga fantastis.

2. Biokimia

Banyak perusahaan industri maupun dunia akademis yang membutuhkan seorang ahli biokimia. Inilah alasan mengapa ahli biokimia tidak hanya bekerja untuk melakukan penelitian saja, namun lebih luas seperti bekerja pengembangan produk di lingkungan manufaktur.

3. Botanist

Seorang Botanist atau Ahli Botani diperlukan untuk mempelajari tumbuhan dan mengamati proses bekerjanya. Profesi ini juga mempelajari berbagai macam tumbuhan mulai seperti fotosintesis pada tingkat molekuler, sejarah evolusi, hingga hubungan tanaman dengan dengan lingkungannya.

3. Dosen

Dalam jurusan biologi sangat memungkinkan Anda untuk bisa menjadi seorang dosen, tentunya jika Anda sudah lulus jurusan Biologi. Selain telah menyelesaikan jenjang S1 anda harus menempuh pendidikan pendidikan yang diperlukan yaitu Magister (S2) dan Doktor (S3). Hal ini karena untuk menjadi seorang tenaga pengajar terutama pada tingkat perguruan tinggi harus memiliki wawasan yang luas.

4. Teknisi Laboratorium

Selain menjadi Analis di Laboratorium, Anda juga bisa Menjadi Teknisi Laboratorium. Tugas dari teknisi laboratorium yaitu mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam pekerjaan di institusi pendidikan tinggi atau sekolah. Seorang teknisi laboratorium juga diharuskan mengecek alat-alat laboratorium secara berkala.

5. Konsultan

Peluang kerja jurusan biologi yang lain adalah sebagai konsultan untuk konservasi lingkungan atau bisa juga menjadi bagian dari penelitian dan development suatu perusahaan. Jika Anda tidak ingin terikat oleh lembaga atau perusahaan tertentu Anda juga bisa menjadi konsultan freelance lho.

6. Biologist

Seorang ahli biologi dibutuhkan untuk mempelajari tumbuhan, manusia hewan hingga bakteri. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan informasi rinci tentang bagaimana tubuh dan bagaimana alam bekerja serta faktor luar yang bisa mempengaruhi organisme lain. Ahli biologi bekerja dalam bidang makroskopis maupun mikroskopis.

Makroskopis mempelajari objek yang bisa diukur dan terlihat dengan mata telanjang sehingga tidak membutuhkan alat khusus untuk mempelajarinya. Sedangkan, Biologi mikroskopis, membutuhkan alat seperti mikroskop untuk melihat objek yang akan dipelajari. Tentunya semua ada tingkat kerumitannya masing-masing. Ahli biologist biasanya ditempatkan di lembaga penelitian atau perusahaan yang berkaitan tentang sains.

Itulah informasi mengenai peluang kerja di jurusan biologi, semoga dapat memberi jawaban anda atas pertanyaan Jurusan Biologi Kerja Apa. Jurusan biologi terbaik saat ini yang bisa kamu pilih ada di UGM, karena itu sebelum melakukan pendaftaran yang terbaik adalah dengan mengikuti BIMBEL IUP BIOLOGI UGM terlebih dahulu.