Gunung Tertinggi di Jawa

  • Post author:
  • Post category:Umum

Pulau Jawa merupakan pulau dengan jumlah gunung yang banyak dan memiliki puncak tertinggi. Selain itu, banyak gunung tertinggi yang menawarkan keindahan menakjubkan di Pulau Jawa.

Berikut daftar gunung tertinggi yang ada di jawa :

1. Gunung Semeru

Dengan memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi di Jawa. Gunung ini diapit oleh Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru juga sekaligus  merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia dan masuk dalam Seven Summit Indonesia atau tujuh puncak tertinggi.

2. Gunung Slamet

Gunung tertinggi di Jawa selanjutnya adalah Gunung Slamet. Gunung ini menempati posisi kedua setelah Gunung Semeru dengan tinggi mencapai 3.428 meter di atas permukaan laut. Gunung Slamet terletak diantara lima kabupaten di Jawa Tengah yakni Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Brebes.

3. Gunung Sumbing

Urutan ketiga gunung tertinggi di jawa adalah Gunung Sumbing yang memiliki tinggi mencapai 3.372 meter di atas permukaan laut. Sumbing berada di tiga wilayah kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung dan  Wonosobo, Jawa Tengah.

4. Gunung Arjuno

Gunung tertinggi berikutnya adalah Gunung Arjuno dengan ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di tiga wilayah di Jawa Timur yaitu kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan.

Itulah 4 gunung tertinggi yang ada di jawa, yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata atau pendakian Anda.