Cara Menjawab Soal TOEFL yang Tepat

  • Post author:
  • Post category:Pendidikan

Tes TOEFL adalah tes dimana Anda akan mengukur kemampuan Bahasa Inggris Anda. Tes ini terkadang dibutuhkan untuk keperluan akademik ataupun professional. Apakah Anda akan mengikuti tes TOEFL? Tentu ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Mengapa Dibutuhkan Persiapan untuk Tes Toefl?

Mengerjakan tes TOEFL tidak boleh tanpa persiapan. Apalagi jika Anda menyadari bahwa kemampuan Bahasa Inggris Anda tidak begitu baik, maka harus ada beberapa persiapan yang wajib dilakukan. Persiapan ini dilakukan agar Anda bisa menjawab soal TOEFL dan lulus dalam satu kali tes saja. Harga tes TOEFL cukup mahal dan tidak semua orang bisa membayarnya untuk kedua kalinya jika gagal di tes pertama.

Tips Menjawab Soal TOEFL dengan Tepat

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan tes TOEFL. Dengan tips inilah maka Anda bisa menjawab soal TOEFL dengan tepat dan mendapatkan skor yang tinggi.

  1. Belajar grammar dan kosakata

Karena tes TOEFL digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan Bahasa Inggris Anda, maka grammad dan kosakata atau vocabulary merupakan dua elemen penting untuk bisa menjawa soal TOEFL dengan tepat. Memang dalam tes TOEFL, kemampuan Anda dalam memahami grammar dan kosakata akan diuji. Jika Anda memahami kedua hal tersebut, maka Anda bisa mendapatkan skor TOEFL yang tinggi atau setidaknya mendapatkan nilai yang cukup untuk lulus ujian. Anda bisa belajar dengan membaca teks berbahasa Inggris agar kosakata Anda semakin bertambah tiap harinya. Jika ada kosakata yang Anda tidak tahu artinya, maka Anda bisa menuliskan di buku dan cantumkan pula artinya. Kosakata sangat penting karena dalam tes TOEFL dibutuhkan pemahaman yang baik akan konteks dari suatu pertanyaan dan paragraf.

Setelah kosakata sudah dirasa cukup, Anda bisa mulai membuat kalimat berdasarkan kosakata yang Anda tahu. Saat Anda membuat kalimat, maka Anda bisa belajar grammar dari sini. Terdapat beberapa tenses yang harus Anda pelajari struktur dan cara penggunaannya. Belajar grammar adalah hal yang cukup sulit namun tetap bisa dilakukan. Anda bisa mulai berlatih dengan mengerjakan soal grammar secara konsisten. Misalnya sehari mengerjakan 5 kalimat. Namun pastikan ada seseorang yang bisa mengajarkan Anda. Karena itulah sangat penting untuk mengambil kursus TOEFL agar Anda mempunyai tutor Bahasa Inggris yang bisa membantu Anda dalam belajar grammar.

  1. Meningkatkan kemampuan Reading dan Listening

Ada beberapa sesi dalam tes TOEFL, antara lain sesi Reading dan Listening. Tentunya untuk meningkatkan kemampuan Reading dan Listening adalah dengan membaca teks berita atau artikel dalam Bahasa Inggris serta mendengarkan audio apapun dalam Bahasa Inggris misalnya lagu ataupun audio percakapan. Dalam belajar Reading dan Listening untuk TOEFL, Anda harus bisa mengenail tanda-tanda yang menunjukkan bahwa di bagian itulah letak informasi penting yang ada pada suatu teks atau audio. Anda harus tahu ide, gagasan, bahkan makna tersirat dan tersurat.

  1. Membuat catatan

Belajar TOEFL tentunya akan sangat berhubungan erat dengan membuat catatan. Anda harus mampu membuat catatan yang singkat dan ditulis dalam waktu yang cepat saat berlatih pada sesi Reading dan Listening. Anda harus bisa mengenali kata kunci dengan cepat lalu menuliskan kata kunci tersebut dengan singkat pula. Anda juga bisa menggaris bawahi kata-kata kunci yang berhubungan erat dengan teks atau audio pada soal Reading dan Listening. Jangan menulis terlalu banyak kata karena Anda justru akan membuang-buang waktu.