Cara Mengganti Bahasa di Mozilla Menjadi Bahasa Indonesia

  • Post author:
  • Post category:Teknologi

 

Mozilla Firefox merupakan browser yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengaturan default. Bagi pengguna yang sering merasa kesulitan, bisa menggantinya ke Bahasa Indonesia atau lainnya sesuai keinginan.

Pada saat akan mendownload browser ini akan muncul pilihan bahasa. Anda bisa menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Namun jika mendownload versi Bahasa Indonesia, ada beberapa menu yang tidak muncul seperti bookmark dan history.

Pengguna bisa mendownload versi default yaitu Bahasa Inggris. Setelah itu bisa menambahkan atau mengatur ke bahasa lain seperti Bahasa Indonesia. Berikut adalah beberapa cara mengganti bahasa di Mozilla Firefox.

Pengaturan dan Cara Mengganti Bahasa di Mozilla ke Bahasa Indonesia

  1. Melalui menu pengaturan

Saat menginstal Mozilla Firefox, browser ini akan otomatis menggunakan bahasa sesuai sistem operasi. Jika perangkat Anda menggunakan windows bahasa Inggris, maka browser ini juga akan menggunakan bahasa Inggris.

Mengganti bahasa dapat dilakukan melalui menu pengaturan atau settings. Setelah masuk ke pengaturan, ada beberapa pilihan menu lain yaitu General, Home, Search, Privacy & Security, dan Sync. Pengaturan bahasa terletak di menu General atau ikon bergambar gerigi.

  1. Memilih bahasa

Saat masih menggunakan bahasa default, pengaturan bahasa ada di bagian Language. Biasanya pada kolom bahasa akan terlihat English (United States) sebagai bahasa default yang digunakan untuk browser ini. Bahasa tersebut adalah bahasa yang sedang digunakan, untuk menu, pesan, dan notifikasi.

Jika ingin mengganti ke Bahasa Indonesia, maka klik bagian bahasa dan pilih Search More Language. Kemudian ikuti petunjuknya untuk menambahkan bahasa lain. Petunjuk dan tutorial seperti ini juga bisa dicari di Charis.id, website yang banyak menyajikan informasi menarik seputar android dan komputer.

  1. Mendownload bahasa

Sistem default dari Mozilla Firefox hanya memiliki pilihan bahasa Inggris Amerika atau sesuai sistem operasi perangkat komputer Anda. Jika ingin menggantinya, maka bisa dilakukan di pengaturan dengan mendownload bahasa terlebih dahulu.

Ketik atau masukan bahasa yang diinginkan dan klik Add. Browser akan melakukan download bahasa tersebut. Tunggu hingga proses download selesai. Setelah itu, klik bahasa dan OK untuk menyimpan bahasa tersebut ke pengaturan.

  1. Mengganti bahasa

Langkah selanjutnya adalah mengganti bahasa dengan klik bagian Language. Pilih bahasa yang sudah didownload atau yang diinginkan. Untuk mengaktifkan bahasa, klik menu Set Alternatives.

Bahasa yang digunakan di Mozilla Firefox dapat diganti ke berbagai pilihan bahasa. Menggunakan bahasa sendiri tentu akan lebih memudahkan Anda mengoperasikan browser ini. Jadi saat ada masalah atau ingin melakukan tindakan, petunjuk atau pesan yang muncul lebih mudah dimengerti.

Cara mengganti bahasa di browser ini memang mudah. Apalagi jika mengikuti tutorial lengkap dengan gambar atau screenshot seperti yang ada di Charis.id. Anda yang ingin mencoba tutorial-tutorial bermanfaat lainnya bisa menggunakan website tersebut.

  1. Selesai

Setelah mengganti pengaturan bahasa, maka bahasa di browser ini akan berubah. Anda bisa melakukan refresh page untuk melihat perubahan dari pengaturan bahasa tersebut. Semua tampilan, mulai dari menu, pesan, hingga pemberitahuan akan diganti menjadi Bahasa Indonesia.

Proses selesai dan Mozilla Firefox akan menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang sudah dipilih. Jika ingin mengembalikan ke bahasa Inggris, caranya sama melalui pengaturan bahasa ini.

Itulah langkah-langkah yang diperlukan untuk cara mengganti bahasa di Mozilla menjadi Bahasa Indonesia. Setelah diganti, maka seluruh bahasa yang ditampilkan untuk menu, pemberitahuan, dan pesan akan ditampilkan dalam bahasa yang sudah dipilih tersebut.