Cara Membuat Hijab Sendiri di Rumah, Anda Harus Tahu

  • Post author:
  • Post category:Islam

Bagi anda yang bisa menjahit, bukan salahnya untuk membuat jilbab sendiri. Tidak hanya untuk bisnis, anda juga bisa menggunakan jilbab buatan sendiri. Tentu akan membuat anda merasa bangga karena membuatnya sendiri, apalagi jika hasilnya bagus. Dan berikut cara membuat hijab sendiri di rumah yang bisa anda coba lakukan dan kelebihannya.

Langkah Untuk Membuat Hijab Sendiri Di Rumah

  1. Memilih Bahan

Sebelum anda menjahitnya, tentu anda harus memilih bahan yang cocok untuk membuat jilbab. Bahan yang pas yakni bahan yang adem, karena nantinya akan digunakan dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Sehingga kenyamanan dalam penggunaannya nanti menjadi hal yang tidak boleh anda abaikan.ย  Bahan yang adem akan membuat lebih nyaman dan tidak gerah.

Selain itu sebaiknya memilih bahan yang memiliki serat kain kecil. Tujuannya agar membuat jilbab lebih mudah untuk diatur. Anda juga bisa memilih bahan yang teksturnya mulus tetapi tidak licin, teksturnya yang banyak dipilih seperti voal. Bahan ini akan mudah diatur juga nyaman untuk anda gunakan. Dan yang terpenting bukan bahan yang mudah berbulu.

Sebaiknya anda juga memilih bahan premium agar nantinya anda bisa puas menggunakannya, karena tahan lama. Bahan dari jilbab yang anda inginkan juga berhubungan dengan warna. Akan lebih mudah jika anda menyesuaikan dengan busana nantinya. Atau bisa juga memilih warna netral sehingga tetap bisa dipadu padankan dengan baju apapun.

  1. Tentukan Model

Setelah anda menemukan bahan yang tepat untuk membuat jilbab, anda bisa mencari model model yang ada di pasaran. Untuk jilbab segi empat tentu bukanlah hal yang sulit menjahitnya. Hanya perlu untuk menjahit bagian tepinya saja, tetapi jika model jilbab langsung pakai tentu tidak mudah. Maka dari itu anda harus menentukan modelnya terlebih dahulu.

  1. Membuat Pola

Jika anda sudah menentukan bahan serta model yang diinginkan, maka anda akan masuk dalam tahap pembuatan pola. Anda bisa menyiapkan bahan kain selebar 1.5 meter, sementara untuk panjangnya sekitar 2,5 meter. Ukuran ini nantinya bisa anda gunakan mulai dari yang tinggi badannya 150 cm, dimana panjangnya bisa sampai mata kaki.

Apabila ingin lebih kecil, tentu anda bisa mengecilkannya dan dibuat sesuai dengan keinginan. Yang jelas bahan kain yang dibutuhkan tidak akan sebanyak itu jika lebih kecil.ย  Silahkan anda bentangkan kain kemudian lipat menjadi dua bagian yang sama. Jika sudah anda bisa memotong kain melengkung, tentu bisa digambar polanya lebih dahulu.

  1. Proses Menjahit

Jika anda sudah memotongnya sesuai pola, maka cara membuat hijab sendiri berikutnya yakni memasuki proses menjahit. Anda bisa menjahit bagian tepi semuanya, jangan lupa sisakan bagian atas sesuai dengan wajah. Sementara untuk bagian dahinya, anda bisa menggunakan kain sisa. Potong kai elips dengan ukuran panjang juga lebar yang sama dengan dahi.

Barulah nanti anda tinggal menutupkan bagian dahi ini pada bagian muka. Anda tinggal menjahitnya secara melingkar. Nantinya di penutup dahi biasanya akan menyisakan bagian atas. agar lebih rapi sebaiknya anda obras dan bagian bawahnya di neci. Model jilbab satu ini termasuk yang sederhana dan juga mudah untuk anda buat sendiri.

Membuat jilbab sendiri akan lebih terjangkau dan hemat di kantong. Selain itu anda juga bebas menentukan model maupun bahan untuk jilbabnya. Anda juga bisa dengan mudah memadukan dengan tunik maupun gamis yang dimilikinya. Apabila memang hasilnya memuaskan, anda juga bisa mengembangkannya menjadi bisnis.