Cara Cek Website Down dan Apa Penyebabnya?

  • Post author:
  • Post category:Teknologi

Website, siapa yang tidak mengenalnya? Hampir setiap orang membutuhkan website untuk menggali suatu informasi. Namun, tahukah kamu? Ternyata tidak semua website selalu dalam keadaan baik. Sering kali website mengalami down karena sesuatu.

Jika masih awam mengenai dunia website, saat masanya mengalami down pastinya tidak bisa menanganinya. Oleh karena itu, kami sarankan kamu untuk mengetahui apa sebab website menjadi down dan cara menanganinya dengan baik.

Website Down

Kenapa Website Bisa Down?

Sebuah website down bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, factor yang paling umum menyebabkan website down adalah membeli Hosting Murah. Bagi Anda yang pernah mengalami downnya website, yuk cari tahu apa saja penyebab lainnya.

  1. Website diretas oleh hacker
  2. Terjadinya bencana alam
  3. Mati listrik
  4. Trafik pengunjung yang melebihi kapasitas
  5. Konfigurasi web yang tidak tepat
  6. Server hosting tidak bagus

Bagaimana Cara Mengatasi Server Down?

Beberapa sebab website menjadi down sudah kami sebutkan di atas. Nah! Jika sudah mengetahui apa saja penyebabnya, sudah pasti tidak akan diam saja, bulan? Oleh karenanya, wajib kamu tahu bagaimana cara mengatasi sebuah website yang down.

  1. Memanfaatkan Situs Websiteplanet.com

Masalah down pada website memang sering kali mengganggu. Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu bisa memanfaatkan sebuah situs bernama websiteplanet.com. Situs yang satu ini termasuk dalam bentuk layanan gratis.

Mengenai websiteplanet.com sebenarnya merupakan sebuah terobosan baru untuk mengatasi downnya website. Mengapa? Di dalam situsnya bisa banyak kamu temukan tools yang dibutuhkan. Tentunya akan sangat membantu tanpa harus merogoh kocek.

  1. Memanfaatkan Situs Uptrend.com

Selain situs di atas, situs lain yang sangat membantu dalam mengatasi website down ialah Uptrend.com. Sebab situsnya termasuk dalam situs yang mampu menangani masalah website down, memanfaatkan situs ini juga tidak serta merta gratis.

Namun, bagi kamu yang ingin mengecek suatu website mengalami down atau tidak tetap gratis, kok. Tinggal masuk ke bagian Free Tools kemudian tekan uptime check. Meski situs ini berbayar, masih banyak tools canggihnya kok.

  1. Memanfaatkan Situs Down.com

Situs lain yang sangat membantu dalam menangani masalah downnya website ialah down.com. Situs yang satu ini bisa dikatakan berbeda dari situs yang lain. Mengapa? Tampilannya yang lebih modern akan terlihat lebih fresh.

Cara menggunakan situs yang satu ini sebenarnya sangat mudah, di mana kamu bisa memasukan nama domain situs yang akan dicek. Setelah itu tinggal melakukan klik check now.

  1. Memanfaatkan Situs Isitdown.us

Situs lainnya yang akan sangat membantu dalam masalah website down ialah Isitdown.us. Situs yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk merasakan kemudahan dalam mengaksesnya. Pastinya banyak yang penasaran, mengapa?

Tentunya karena situs yang satu ini memiliki tampilan yang sangat sederhana. Bukan hanya itu saja, situs ini juga bisa dibilang bisa digunakan hanya dengan memasukan nama domain dan enter saja.

  1. Memanfaatkan Situs Currentlydown.com

Selain situs di atas currentlydown.com juga menjadi salah satu situs yang bisa kamu gunakan untuk mengecek downnya sebuah website. Situs yang satu ini juga hampir serupa dengan beberapa situs di atas yang sudah tentu gratis.

Bukan hanya itu saja, mengenai situs ini juga bisa menampilkan hasil cek sebuah website yang down dengan cara yang berbeda-beda. Pastinya kamu penasaran seperti apa rupa dari situs yang satu ini, kan?