Cara Belajar TOEFL dengan Efektif untuk Pemula

  • Post author:
  • Post category:Pendidikan

Cara belajar TOEFL akan menentukan hasil atau skor TOEFL yang akan Anda peroleh. Maka, tak heran jika sekarang banyak calon peserta TOEFL test yang berlatih mandiri hingga mengikuti program TOEFL preparation.

Tes TOEFL sangat berbeda dengan tes bahasa Inggris pada umumnya. Anda harus memahami semua materi dasar dengan tipe soal yang berbeda jauh dengan soal pada umumnya. Lalu, bagaimana kiat belajar dalam persiapan TOEFL agar menghasilkan skor yang bagus? Berikut tipsnya:

Meningkatkan Kosakata

Hal paling utama adalah meningkatkan kosakata. Lantas, haruskah menghafal semua kosakata? Tidak, Anda bisa mempermudah dengan latihan soal. Dari soal tersebut, Anda bisa sambil belajar tiap kosakata yang ada atau yang paling sering muncul.

Anda tak perlu menghafalnya sekaligus. yang harus Anda lakukan adalah mengulangnya setiap hari dan konsisten. dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengingat dan menerapkannya saat TOEFL test.

Jika Anda sering mengerjakan serta menerjemahkan teks TOEFL, vocabulary Anda akan meningkat pesat. Ini tentu akan membantu Anda menyelesaikan soal TOEFL dengan cepat dan tepat.

Mempelajari Kata Dasar atau Part of Speech

Selain kosakata, ada hal penting lain yang wajib Anda pelajari, yaitu Part of Speech. Bagian ini akan selalu muncul khususnya dalam soal writing skill. Part of Speech itu meliputi pemahaman pronoun (subjek, objek, possessive), noun, verb, adverb, dan lainnya.

Jika Anda sudah memahami itu, Anda pasti bisa menemukan jawaban paling tepat saat mengerjakan writing test. Bahkan, sesekali Anda juga akan menemukan poin ini pada soal listening dan reading skill.

Mengenali Jenis atau Tipe Soal

Cara belajar TOEFL yang paling ampuh adalah dengan memperbanyak latihan soal. Dengan begitu, Anda akan paham tipe soal dalam TOEFL test. Anda bisa latihan mandiri atau bergabung dengan lembaga yang menawarkan persiapan TOEFL.

Dengan TOEFL preparation, Anda akan lebih siap jika bertemu dengan segala tipe soal. Biasanya, dalam persiapan tersebut, soal-soalnya tak jauh beda dengan tes yang sesungguhnya. Cara ini bertujuan untuk mengukur seberapa baik kemampuan Anda dari waktu ke waktu sebelum tes yang sebenarnya.

Mencari Kelemahan atau Skill yang Dianggap Sulit

Yang dimaksud di sini adalah skill mana yang menurutmu paling sulit dan Anda sangat lemah dalam memahaminya. Coba tentukan dan pelajari lebih baik lagi! Misal, Anda lemah dalam listening skill, Anda bisa mengatasinya setiap hari dengan mendengarkan lagu, menonton English movie, dan lainnya.

Namun, saat pengerjaan, Anda pun tak.boleh mengabaikan skill yang Anda kuasai. Skill yang menurut Anda mudah itu justru akan membantu meningkatkan skor total TOEFL Anda. So, pada dasarnya, Anda harus mempelajari semua skill namun lebih tingkatkan skill yang menurut Anda sulit.

Berlatih Menulis Essay

Salah satu skill yang masuk dalam tes TOEFL adalah menulis Essay. Di sini, Anda harus bisa menuangkan ide berdasarkan topik tertentu ke dalam sebuah tulisan. Maka, Anda lebih baik berlatih agar terbiasa karena waktu pengerjaan hanya 50 menit. Bahkan, cara ini pun bisa meningkatkan kosakata.

Itulah beberapa cara belajar TOEFL yang paling efektif untuk para pemula. Yang pasti, Anda harus pandai memanage waktu saat TOEFL preparation atau tes yang sebenarnya. Kenapa? Ini karena tiap skill test memiliki batasan waktu. Tiap menit sangat berharga untuk 1 soal. So, konsentrasi agar semua bisa selesai tepat waktu!