Cepat dan Mudah, Berikut 5 Cara Mengatasi Gmail Penuh yang Bisa Anda Lakukan

Sebagai salah satu penyedia layanan email terbesar, Gmail milik perusahaan teknologi raksasa Google digunakan oleh jutaan orang di dunia untuk saling mengirim surat elektronik. Gmail sendiri menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB yang tersedia secara gratis. Lantas bagaimana cara mengatasi Gmail penuh setelah ruang 15 GB tersebut terisi ? Simak ulasannya berikut ini.

Mengatasi Ruang Penyimpanan Gmail yang Penuh

  1. Kosongkan Email Promosi

Banyak orang yang secara tidak sadar membiarkan berbagai email kurang penting bertumpuk bersama dengan email email yang penting. Sehingga semua tumpukan email tersebut pada akhirnya mengambil semua kapasitas penyimpanan yang ada, dan membuat email baru bahkan tidak bisa diterima karena ruang penyimpanan yang sudah penuh.

Dalam hal ini, jika anda merupakan member pada aplikasi atau website tertentu, maka sudah pasti anda akan mendapatkan banyak email promosi yang dikirim secara otomatis. Apabila anda merasa semua email promosi tersebut tidak begitu penting, maka anda bisa langsung menghapus semuanya di bagian kategori email promosi.

  1. Hapus Email yang Berukuran Besar

Untuk email yang hanya berisikan teks saja, lazimnya memiliki ukuran yang tidak besar sekitar 100 hingga 900 kb atau di bawah mega byte. Namun terkadang tidak jarang anda perlu melampirkan file berukuran besar seperti foto hingga video di email. Email seperti inilah yang membuat Gmail menjadi penuh, sehingga anda perlu menghapusnya untuk mendapat ruang penyimpanan lebih.

Tentu akan sulit bila anda harus membuka email satu persatu untuk mencari mana yang memiliki ukuran besar tersebut. Tidak perlu khawatir, anda bisa menemukan email dengan ukuran tertentu dengan cara mengetikkannya pada kolom pencarian Gmail. Misalnya untuk email dengan ukuran 20 mb ke atas maka ketikkan “larger:20mb”, nantinya email tersebut akan muncul dan bisa anda hapus.

  1. Bersihkan Sampah di Gmail

Cara mengatasi Gmail penuh berikutnya yaitu dengan membersihkan sampah di dalam Gmail. Pasalnya ribuan email tidak penting yang telah anda hapus nantinya akan berakhir di folder sampah. Email tersebut memang akan terhapus secara otomatis setelah 30 hari, namun anda bisa mengosongkannya secara manual agar ruang penyimpanan bisa segera bertambah.

  1. Hapus File di Google Drive dan Google Photos

Akun Google anda memang dilengkapi dengan ruang penyimpanan sebesar 15 GB yang diberikan secara gratis oleh Google. Namun 15 GB tersebut dibagi untuk Gmail, Google Drive, dan Google Photos. Sehingga apabila anda juga menyimpan banyak file di Google Drive dan Google Photos, maka ruang penyimpanan untuk Gmail pun akan terus berkurang.

Oleh sebab itu, anda juga perlu melakukan sortir terhadap berbagai file yang ada pada Google Drive dan Google Photos untuk memastikan bahwa Gmail bisa menerima dan mengirim email. Sama halnya dengan Gmail, nantinya file yang telah dihapus akan masuk ke folder sampah sebelum hilang secara otomatis. Lakukan delete forever manual jika ingin prosesnya lebih cepat.

  1. Menambah Penyimpanan Google agar Lebih Besar

Anda merasa bahwa banyak file penting yang tidak bisa dihapus begitu saja ? Jika demikian, maka jalan yang bisa anda ambil untuk mengatasi Gmail penuh adalah dengan menambah kapasitas penyimpanan yang ada. Dimana anda bisa melakukan upgrade ke Google One untuk membeli penyimpanan lebih besar dengan harga yang telah dicantumkan oleh Google.

Karena saat ini surat elektronik seperti Gmail menjadi hal yang sangat penting, mulai dari berkirim pesan dengan klien hingga mengirim surat lamaran kerja, tentu penting bagi anda untuk segera melakukan berbagai cara di atas apabila mendapati Gmail sudah penuh. Temukan cara lainnya untuk mengatasi berbagai permasalahan pada Gmail dengan mengunjungi https://kangsandi.id.