Cara Membuat PowerPoint Menarik Dan Kreatif Di Mata Audiensi

Anda perlu cara membuat PowerPoint menarik dan kreatif jika berharap sajian presentasi ini mendapatkan perhatian. Untuk mewujudkannya, ada aturan khusus yang harusnya dipatuhi dalam mendesainnya.

Selama Anda tidak keluar dari aturan terlalu jauh, apa yang Anda sajikan bakalan terus memperoleh perhatian. Audiensi merasa tidak bosan. Bahkan, tampak begitu tertarik untuk menggali informasi yang sebenarnya ingin Anda sampaikan.

Apabila Anda ingin membuat slide yang ditampilkan menjadi lebih menarik, pahamilah aturannya. Nah, seperti aturannya? Mari perhatikan ulasannya berikut ini!

Hal yang Seharusnya Dihindari dalam Membuat Slide

Keberhasilan dari presentasi tampak terlihat dengan semakin bergairahnya audiensi untuk mendengarkan. Ketika menyajikan informasi ini, hindarilah beberapa hal dalam slide. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Menggunakan Tema Bawaan

Memang tidak ada salahnya jika menggunakan tema bawaan. Hanya saja, tema seperti ini sudah terlalu sering digunakan.

Hal ini bisa menimbulkan kesan biasa. Audiensi bisa saja merasa bosan. Dan ini mempengaruhi pada keinginannya untuk menggali informasi.

  1. Slide Berisi Pemaparan Langsung

Ketika audiens telah mendapatkan kesimpulan dari hasil presentasi, kemungkinan audiensi ingin segera mengakhirinya. Ini jelas membuat kerugian bagi seorang presenter.

Betapa tidak, informasi yang sebenarnya bisa dikomunikasikan sebenarnya sudah diketahui. Biasanya, hal ini terjadi ketika seseorang menuliskan informasi yang berisi pemaparan langsung.

  1. Tampilan Slide Berantakan

Berantakannya slide membuat tampilannya tidak membuat seseorang ingin melihatnya. Karena, seseorang tampak mengalami kesulitan dalam mencernanya.

Bahkan, penampakannya dinilai menyulitkan dalam mengetahui maksudnya. Alhasil, audiens tidak menaruh perhatian pada sajian informasi tersebut.

  1. Animasi yang Digunakan Tampak Berlebihan

Animasi memang diperlukan untuk menarik perhatian. Tetapi bila terlalu banyak, justru ini bisa mengganggu.

Animasi ini akan menjadi sorotan dari audiensi. Pada akhirnya, perhatian audiens akan teralihkan. Membuat apa yang Anda komunikasikan tidak pernah tersampaikan dengan sempurna.

Tips Membuat PowerPoint Kreatif

Tidak ingin membuat audiens memandang presentasi ini buruk, sudah semestinya Anda lebih jeli dalam menciptakan slide yang baik. Berikut ini cara membuat PowerPoint menarik dan kreatif.

  1. Gunakan Template Custom

Kenyataannya, template PowerPoint sudah disediakan dalam program. Tetapi, bukan berarti Anda perlu menggunakannya sesuai yang disediakan.

Ada baiknya jika Anda menggunakan template lain. Tujuan dari penggunaan template lain ialah menarik perhatian dari pemirsa.

Tampilan presentasi yang berbeda tentu lebih mengundang rasa penasaran. Hal ini pun dapat membangkitkan keinginan untuk menggali informasi yang Anda sampaikan.

  1. Buat Judul yang Menarik Perhatian

Cara membuat PowerPoint menarik dan kreatif tidak hanya sebatas pada pemakaian sebuah template saja. Tetapi, ini melibatkan pada bagaimana Anda dalam membawakan sebuah topik.

Di sini, pembuatan judul harusnya dipikirkan secara matang. Upayakan agar judulnya memang dapat membawa rasa ingin tahu yang tinggi di hadapan audiens.

Dalam pembuatan judul ini, kalimat yang digunakan harusnya jelas dan ringkas. Kemudian, pastikan bahwa judul ini sudah cukup untuk membuat audiens mengenali apa yang sebenarnya Anda tawarkan.

Supaya mudah terbaca, posisikan judul di bagian kanan atau atas dari slide. Setidaknya, judul ini yang bakalan diperhatikan oleh seseorang.

  1. Manfaatkan Font yang Mudah Terbaca

Jenis font juga punya peran yang sangat penting dalam menyajikan sebuah materi. Font tersebut harusnya lebih mudah dibaca.

Selain fonts, warna dan ukuran dari fonts juga layak diperhatikan. Anda harusnya memeriksa apakah kalimat yang dibuat memang tidak menyulitkan orang lain atau tidak.

Ketika sulit dibaca, ada baiknya Anda menggantinya. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memastikan kelayakan dari fonts, warna dan ukuran tersebut.

Misalnya jika orang lain merasa nyaman, ini berarti pilihan Anda sudah tepat. Sebaliknya bila merasa ada kejanggalan yang membuatnya tidak enak dibaca, Anda bisa menggantinya.

Setidaknya, Anda tahu karakter seperti apa yang diinginkan oleh audiens. Dengan begitu, Anda bisa mempresentasikan ide yang dimiliki hingga akhir tanpa ada yang mengabaikannya.

  1. Pertimbangkan Jumlah Slide

Pada praktiknya, slide dalam presentasi ini tidak menjelaskan tentang pemaparan dari sebuah ide. Melainkan hanya sebatas kalimat sederhana yang nantinya bisa diperjelas dengan pembahasan.

Untuk itulah, penggunaan jumlah slide ini tidak dirasa berlebihan. Jumlahnya sedikit namun kental dengan isi pembahasan.

Jumlah slide yang dibuat harusnya menyesuaikan dengan kebutuhan. Dan di dalam slide seharusnya tidak mengandung informasi pemaparan langsung.

Slide yang baik harusnya diisi dengan ringkasan kalimat penting. Ini bisa berisi tentang kata kunci/topik yang sebenarnya ingin dipaparkan oleh presenter. Dengan begitu, presenter dapat mengarahkan audiens ke pembahasan yang lebih lanjut.

  1. Gunakan Aturan 6×6

Cara membuat PowerPoint menarik dan kreatif ini bisa mengadopsi aturan 6×6. Aturan ini berisi tentang 6 poin penting dan 6 kata per poin.

Sederhananya, Anda sebaiknya menyediakan satu slide yang berisi tentang poin-poin yang ingin dibahas secara tuntas. Setiap poin ini seharusnya dibuat dengan kalimat yang pendek, berisi sekitar 6 karakter.

Fungsinya supaya informasi yang disajikan bisa segera ditangkap oleh audiens. Poin ini mudah diingat.

Anda pun bisa memperjelas di tiap poinnya dengan menunjukkan pemaparan secara verbal. Sederhananya, poin yang dibuat hanya digunakan untuk menggiring audiens agar semakin tertarik dengan apa yang sedang Anda bicarakan.

Sementara pada slide lainnya, ini berisi tentang ringkasan dari poin yang dimaksud. Anda pun bisa memasukkan hyperlink di tiap poin supaya memudahkan Anda dalam menuju pembahasan.

  1. Sisipkan Gambar atau Grafik

Cara membuat PowerPoint menarik dan kreatif selanjutnya berkaitan dengan penyematan gambar dan grafik. Elemen ini pun sangat dibutuhkan untuk memperjelas apa yang Anda sajikan.

Penyematan gambar atau grafik biasanya diletakkan pada slide khusus. Terlebih pada slide terakhir sebagai bagian dari rangkuman sebuah topik.

Untuk membuat slide tampak menarik, pastikan untuk menyeleksi gambar yang sesuai. Sebaliknya, hindari penggunaan gambar yang tidak perlu. Karena, ini hanya akan mengacaukan informasi.

Selain itu, pastikan bahwa slide yang dibuat pun tampak lebih rapi. Banyak ruang kosong yang membuat informasi tampak begitu mudah ditangkap.

  1. Hindari Penggunaan Styling Teks Berlebihan

Penggunaan gaya dari teks memang bisa menjadi bagian penekanan dari sebuah informasi. Tetapi praktiknya, Anda tidak boleh berlebihan dalam menggunakannya.

neotekno.com pun menyarankan dalam penerapan cara membuat PowerPoint menarik dan kreatif ini, seseorang dianjurkan untuk meminimalkan penggunaan styling. Karena, penggunaannya secara berlebihan hanya membuat slide tampak mengganggu.

Biasanya, pandangan audiensi teralihkan oleh styling tersebut. Pada akhirnya, penjabaran dari setiap poin yang Anda lakukan tidak bisa dicerna dengan baik.

Ini jelas merugikan bagi seorang presenter. Terlebih jika presenter ini ingin meyakinkan audiensi agar memilihnya. Contohnya presentasi untuk memenangkan sebuah tender.

Kesimpulannya, cara membuat PowerPoint menarik dan kreatif ini mengedepankan pada pembuatan slide yang simpel. Di dalamnya pun mengandung kalimat pemicu yang dapat mengarahkan audiensi semakin tertarik untuk menggali informasi lebih dalam dari ide yang ditampilkan.